Ticker

6/recent/ticker-posts

Koperasi Sinar Batang Bangko Bertekad Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

 Foto bersama anggota KSBB dengan pengurus dan dewan pengawas

dutametro.com, (SOLSEL)  - Koperasi Sinar Batang Bangko (KSBB) bertekad membangun pertumbuhan ekonomi anggota koperasi dan masyarakat Solsel. Hal ini disampaikan Ketua KSBB Armen pada Haluan, Senin (21/10).

"KSBB hadir dan bertekad untuk bisa mendorong peningkatan ekonomi. Baik itu penyerapan tenaga kerja dan memfasilitasi sektor transportasi serta sebagai produsen barang jasa," kata Armen.

Menurutnya, ketika peresmian KSBB beberapa waktu lalu di Pekonina, anggota sudah mencapai 47 orang. "Kami juga bergerak di bidang outsourcing selain barang dan jasa. Semoga sesuai motto mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di Solsel dalam persaingan era mileneal. Kemudian, mewujudkan inovasi karya anak nagari," sebutnya.

Terpisah, Azizah Mutia selaku Kabid Koperasi dan UKM Dinas Koperindag Solsel menyebutkan KSBB telah memiliki pengesahan badan hukum. Dan salah satu dari lima Koperasi di Solsel yang bertumbuh selama 2019. "Ini jenis Koperasi produsen, barang dan jasa, transportasi, perdagangan dan lainnya," ucapnya.

Ia berharap semakin banyak tumbuh Koperasi di sektor rill seperti KSBB, untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat dan tidak hanya di sektor simpan pinjam. "Tentunya, nantinya bisa membuka peluang kerja dan pemberdayaan ekonomi," ujarnya.

Ditambahkan Azizah, dibanding tahun lalu, di 2019 ini keberadaan koperasi di Solsel sudah menggeliat. "Tahun-tahun kemarin masih stagnant. tapi sekarang banyak pengurus-pengurus koperasi yang kembali mulai mengurus seperti perizinannya dan Nomor Induk Koperasi (NIK) nya saat ini," katanya.

Kesadaran koperasi lanjutnya, untuk membereskan kelembagaan mereka sudah jauh lebih baik saat ini. Koperasi saat ini sudah dianggap menjadi sebuah kebutuhan. Karena memang banyak koperasi yang secara khusus diminta oleh beberapa perusahaan di Solsel untuk mengurusi proyek internal perusahaan.

Kondisi ini bisa jadi salah satu motivasi atas makin membaiknya perkembangan koperasi di Solsel. Tentu itu akan berdampak bagus bagi perekonomian daerah. Sebagaimana fungsi koperasi yang salah satunya bisa memberdayakan sumber ekonomi.

"Namun begitu tentu kita berharap agar koperasi ini lebih mengedepankan kualitasnya. Sebagaimana yang diharapkan pemerintah pusat, bahwa penekanan kualitas ketimbang kuantitas lebih penting saat ini," ujarnya.

Saat peresmian lalu, imbuhnya hadir Kabid Koperasi dan UKM, Azizah Mutia Camat Pauh Duo, Bujang Basri dan Humas PT Supreme Energy dan tokoh masyarakat. (h/jef)