Ticker

6/recent/ticker-posts

DPRD Padang Menilai Investasi Asing Belum Berhasil

Ilustrasi


dutametro.com, (PADANG) -- DPRD Kota Padang  menilai,  investasi asing di Kota Padang  belum berhasil. Untuk itu, Pemko Padang diminta   terus melakukan sosialisasi agar Kota Bingkuang ini  dilirik investor asing untuk membuka usaha.

Anggota DPRD Kota Padang Iswanto Kwara Selasa (22/10) mengakui,  kekuatan di Kota Padang  ada pada sektor tenaga kerja dan pasar. Dia mengingatkan agar, Kota Padang tidak hanya menjadi pasar tapi juga harus menjadi produsen. Ia mengakui,  investasi asing memang masih belum tertarik menanamkan investasi di Kota Padang.

“Investor asing masih mengeluhkan berbagai problem yang ada,” katanya.
Problem itu adalah,  sulitnya pembebasan lahan untuk industri.  Saat ini, katanya, ada kecenderungan warga yang tanahnya terkena lahan untuk pabrik meminta harga yang sangat mahal.  Problem lain,  terkait dengan masih buruknya infrastruktur, dari jalan raya, pelabuhan, hingga tarif listrik yang mahal.  Ia menambahkan, sistem pengupahan dan uang pesangon buruh di Indonesia juga sering menimbulkan problem.

“Pemerintah harus memperbaiki sistem kenaikan upah dan uang pesangon,” katanya.  Lebih jauh dijelaskannya pengusaha meminta,  agar upah dihitung berdasarkan produktivitas. 

Anggota DPRD Kota Padang Helmi Moesim mengatakan, Pemko Padang agar tingkatkan  investasi, jumlah infrastruktur, pelayanan publik dan pariwisata. “Prinsipnya Pemko Padang agar, memfasilitasi pengusaha dan mempermudah sektor perizinan dengan baik. Nantinya akan banyak pengusaha yang mau menanamkan investasinya di Kota Padang,” ujarnya.(vand)