Ticker

6/recent/ticker-posts

Dinsos 50 Kota Sosialisasikan Bahaya Narkoba



Ilustrasi

dutametro.com (LIMAPULUH KOTA) — Dinas Sosial Kabupaten Limapuluh Kota, menggelar pertemuan tematik dengan tema ‘Bahaya Narkoba dan Media Elektronik Terhadap Anak Dibawah Umur’ melalui Forum Keserasian Sosial Sungai Muruah, Jorong Damar Tinggi Kenagarian Sungai Rimbang Kecamatan Suliki.
Karena itu, diharapkan peran orang tua, masyarakat dan pemerintah untuk menjaga dan mengawasi anak anak yang masih dibawah unur tersebut.
Sasaran dari penyebaran narkoba dan media elektronik adalah anak dibawah umur atau remaja. “Hal tersebut mengindikasikan bahwa bahaya narkoba sewaktu-waktu dapat mengincar anak-anak kita kapan saja,”ungkap Kapala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Limapuluh Kota, Akmal,S.Sos, Jumat (18/10) ketika dihubungi di Kantor Dinas Sosial setempat.
Dikatakan, pola perilaku mengakses internet pada anak dan remaja mulai bergeser dari komputer ke gajet seperti, ponsel pintar, sehingga kerap menyulitkan orangtua dalam mengawasi aktivitas internet anak. Padahal, anak-anak masih berada dalam fase pembentukan.
“Mereka belum belum cukup matang untuk menyaring segala informasi, termasuk konten negatif di internet. Karena itu, diharapkan peran orang tua, masyarakat dan pemerintah untuk menjaga dan mengawasi anak anak yang masih dibawah umur tersebut, dalam memberikan literasi kepada anak dibawah umur terkait dengan bahaya narkoba dan penggunaan media digital dan internet,” tuturnya.
“Pengawasan yang dilakukan bukan berarti mencurigai dan membatasi total gerak-gerik anak di internet. Orangtua, masyarakat dan pemerintah sebaiknya hanya mendidik anak untuk tidak mengakses situs berbahaya. tapi juga mengajarkan tanggung jawab media digital dan internet,” lanjut Akmal,S.Sos.
Menurut Akmal, Forum Keserasian Sosial yang digagas Kemensos ini, sudah gencar  melaksanakan kegiatan–serupa, seperti dialog tematik ‘antisipasi konflik sosial di masyarakat oleh Forum Keserasian Sosial  Namang Jaya, Jorong Koto Baru Nagari Koto Baru Simalanggang. (dm)